Pafimurang.org, Platform Informasi dan Pencegahan Peredaran Obat Palsu

Pafimurang.org, Platform Informasi dan Pencegahan Peredaran Obat Palsu

Mengonsumsi obat-obatan yang benar adalah salah satu syarat agar manfaatnya bisa dirasakan lebih optimal. Sebagai organisasi profesi yang beranggotakan ahli farmasi, PAFI hadir untuk melayani masyarakat agar bisa mendapatkan akses pengobatan yang lebih baik. Cabangnya semakin luas sampai ke berbagai daerah, salah satunya pafimurang.org.

Kota Amurang adalah pusat berbagai aktivitas ekonomi, fasilitas pemerintahan, transportasi dan fasilitas umum di Kabupaten Minahasa Selatan. Nah, kantor cabang PAFI juga hadir bagi masyarakat sekitar agar bisa memaksimalkan pelayanan.

Disini masyarakat bisa berkonsultasi, mengikuti penyuluhan dan pengobatan gratis yang rutin diadakan. Kehadiran PAFI diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat disana.

Mari berkenalan lebih dekat dengan organisasi PAFI pada uraian sebagai berikut.

Pafimurang.org, Platform Informasi dan Pencegahan Peredaran Obat Palsu
Pafimurang.org, Platform Informasi dan Pencegahan Peredaran Obat Palsu

Awal Pembentukan Organisasi PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau PAFI memiliki sejarah yang cukup panjang dalam kiprahnya di Indonesia. Sebab, organisasi profesi ini lahir enam bulan sesudah Kemerdekaan NKRI.

Tanggal lahir PAFI adalah 13 Februari 1946, di Yogyakarta. Lebih tepatnya di Hotel Merdeka Yogyakarta, yang didirikan oleh Bpk. Zainal Abidin bersama rekan ahli farmasi pada saat itu.

Jika disandingkan dengan umur manusia, maka PAFI sudah sangat tua dengan pengalaman yang tidak sedikit dalam membantu kesehatan masyarakat.

Salah satu bukti konsistensi PAFI dari dahulu sampai sekarang adalah terbentuknya cabang di setiap daerah Nusantara. Tidak terkecuali di Kabupaten Minahasa Selatan.

Langkah-Langkah PAFI Untuk Memerangi Obat Berbahaya

Obat-obatan palsu dan mengandung zat berbahaya adalah musuh utama yang harus dihentikan peredarannya. Masyarakat yang minim pengetahuan tentang obat-obatan bisa dengan mudah terkena jebakan ini.

Oleh karena itu, PAFI hadir sebagai badan pengawas yang memerangi peredaran obat-obatan palsu tersebut. Adapun langkah-langkah yang diambil seperti dibawah ini:

  1. Edukasi dan Penyuluhan

PAFI secara rutin mengadakan penyuluhan kepada masyarakat terkait dengan maraknya obat palsu yang beredar. Dalam penyuluhan ini, dijelaskan bahayanya obat palsu dan cara mengenali obat palsu.

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat, PAFI juga aktif memberikan pelatihan kepada ahli farmasi dan apoteker agar semakin paham tentang cara mendeteksi obat palsu sekaligus prosedur melaporkannya.

  1. Kerjasama dengan Pihak Berwenang

PAFI bekerjasama dengan BPOM sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap peredaran obat-obatan. Termasuk melarang obat yang memiliki kandungan berbahaya.

Selain itu, PAFI juga menggandeng pihak kepolisian untuk menegakkan hukum kepada distributor dan pelaku produksi obat-obatan berbahaya.

  1. Pengawasan

PAFI secara aktif melakukan pengawasan dan inspeksi ke toko obat, apotik dan beberapa fasilitas kesehatan lainnya untuk memastikan tidak ada jenis obat berbahaya yang diedarkan.

PAFI juga menggandeng masyarakat agar berkenan melaporkan obat-obatan yang dicurigai mengandung zat berbahaya.

  1. Pemanfaatan QR Code

Di era serba canggih seperti sekarang, mengecek keaslian obat jauh lebih mudah lewat penggunaan QR Code. Tenaga farmasi dan masyarakat bisa melakukan scan QR Code yang ada didalam kemasan obat, sehingga bisa tahu keasliannya.

Dalam upaya kedepan, PAFI diharapkan bisa merancang aplikasi mobile yang memungkinkan pengguna memverifikasi keaslian obat dengan mudah dan cepat.

  1. Penguatan Regulasi

PAFI turut serta dalam advokasi kebijakan untuk memperkuat regulasi yang mengatur produksi, distribusi dan penjualan obat-obatan di Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu, PAFI juga mendorong praktek standar farmasi yang ketat di apotik dan fasilitas kesehatan lainnya.

Bagi warga Kabupaten Minahasa Selatan yang ingin berkunjung ke kantor cabang PAFI, maka bisa mampir ke Jl. Amurang-Ratahan, Kota Amurang, Sulawesi Utara.

Atau bisa menghubungi salah satu kontak sebagai berikut:

Email: [email protected]

Telp: +6285153095927

You May Also Like

About the Author: Masdyansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *