5 Tantangan Kesehatan Yang Dihadapi Oleh Indonesia Sampai Sekarang

5 Tantangan Kesehatan Yang Dihadapi Oleh Indonesia Sampai Sekarang

Masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh negara Indonesia masih cukup banyak. Salah satunya perihal akses kesehatan yang diperoleh masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah tidak pernah berhenti dalam melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah kesehatan di tengah-tengah masyarakat.

PAFI adalah salah satu organisasi di Indonesia yang fokus utamanya adalah mensejahterakan kesehatan banyak orang. Organisasi ini sudah berdiri sejak 13 Februari 1946 lalu, sampai sekarang masih konsisten dengan berbagai upaya yang dilakukan agar bidang kesehatan di Nusantara semakin baik.

Pembukaan cabang di berbagai daerah dilakukan secara masif, guna meratakan akses dan layanan kesehatan masyarakat.

Seperti pafitiakur.org untuk membantu menangani tantangan-tantangan yang ada di bidang kesehatan. Mari kita simak uraian selengkapnya sebagai berikut.

5 Tantangan Kesehatan Yang Dihadapi Oleh Indonesia Sampai Sekarang
5 Tantangan Kesehatan Yang Dihadapi Oleh Indonesia Sampai Sekarang

Berbagai Tantangan Kesehatan Yang Ada di Indonesia

  1. Fasilitas Kesehatan Tidak Merata

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari banyak wilayah dan dipisahkan oleh laut. Wilayahnya yang luas menjadi problem utama sehingga fasilitas kesehatan tidak merata.

Banyak daerah terpencil dan pedesaan yang sampai sekarang masih kekurangan fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

Berbeda dengan daerah perkotaan yang dari segi fasilitasnya sudah sangat mumpuni. Anda yang berada di daerah pelosok pasti merasakan sendiri bagaimana terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan.

  1. Biaya Kesehatan

Selain kekurangan fasilitas kesehatan di beberapa daerah pelosok, masalah lain yang tidak kalah serius adalah tingginya biaya layanan kesehatan.

Biaya pengobatan di rumah sakit yang cukup tinggi membuat sebagian masyarakat sulit menjangkau perawatan medis yang dibutuhkan.

Khususnya bagi masyarakat yang tidak memiliki asuransi kesehatan, baik itu asuransi berbayar atau program KIS dan BPJS.

Dilema dialami oleh masyarakat kelas menengah, dimana mereka tidak mendapatkan kartu KIS atau BPJS, namun kondisi finansialnya masih kurang jika harus membayar biaya rumah sakit dalam jumlah besar.

Kedepannya pemerintah diharapkan bisa membantu menurunkan biaya rumah sakit agar lebih terjangkau.

  1. Ketersediaan Obat-Obatan

Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan tidak hanya menghambat pemerataan fasilitas kesehatan di Indonesia, melainkan juga tidak meratanya distribusi obat-obatan.

Terlebih lagi untuk daerah pelosok yang sulit dijangkau oleh akomodasi, sudah pasti membuat ketersediaan obat-obatan sangat terbatas.

Yang terjadi dilapangan adalah sering terjadi kekurangan obat di beberapa daerah. Pada akhirnya inimenghambat pengobatan bagi pasien, sehingga kurang efektif.

  1. Terbatasnya Infrastruktur Kesehatan

Kasus pengobatan penyakit yang harus pergi ke luar kota dan bahkan luar negeri, pasti bukan hal baru bagi sebagian besar orang. Atau mungkin Anda sendiri pernah mengalami kejadian seperti ini.

Itulah akibatnya apabila infrastruktur kesehatan di suatu daerah yang tidak memadai. Infrastruktur ini bisa terdiri dari banyak jenis, seperti kurangnya rumah sakit, klinik, dan peralatan medis yang modern.

Padahal, infrastruktur yang memadai dibutuhkan agar bisa memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.

  1. Rendahnya Wawasan Kesehatan Masyarakat

Masyarakat di Indonesia masih belum banyak yang benar-benar sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Sehingga, mereka masih menerapkan pola hidup dan pola makan yang salah.

Hal ini terjadi karena tidak sadar bahwa ada penyakit tertentu yang siap menyerang tubuh mereka, akibat pola makan dan pola hidup seperti itu.

Jika ditarik kembali akar masalahnya, maka rendahnya tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kesehatan atau pencegahan penyakit menjadi masalah utama.

Dengan pengetahuan yang minim, seringkali menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan sesuai kebutuhan.

Demikianlah lima tantangan umum yang masih menghantui masyarakat di Indonesia. Agar bisa mengatasi tantangan-tantangan ini, maka memerlukan upaya kolaboratif dari pemerintah, organisasi kesehatan, dan masyarakat untuk memastikan akses yang lebih merata dan berkualitas terhadap layanan kesehatan.

You May Also Like

About the Author: Masdyansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *